Monday, 25 August 2008

ngeGhost pake Hiren’s!!!

buat temen2 ni gw coba ngasih tutorial cara ngeGhost pakai Hiren’s bootCD 9.5. untuk fungsi laenna (partition, disk recover, backup…)ga’ gw sertain, coz gw jg blun pernah nyoba…hahahah!!!!
1.Setelah selese download, extract hiren’s(.rar) ke mana aj…
2.Bakar file type hiren’s.ISO(pa apalah, gw lupa nama filena..hehe) pake program buat bakar CD (ex: Nero, ISO burner…etc.)
3.Setelah selese, restart komputer kamu
4.Masuk ke BIOS setting, ganti first booting yg biasana pake hardisk jadi pake CD. Save en exit

NB : Jika kamu menggunakan dua buah hardisk, ingat baik-baik jumper hardisk yang posisi master karena dia akan menjadi pembeda pada proses pemilihan hardisk source dan destination(tpi klo hardisk type SATA gag perlu pake jumper2an), hal lain yang dapat kamu lakuin buat ngebantu proses pemilihan source dan destination adalah mengingat kapasitas hardisk, karena kapasistas dapat menjadi pembeda antara hardisk satu dengan yang lain, kapasitas juga dapat menjadi pembeda partisi bila proses Clone dilakukan pada sebuah partisi. Hal ini sangat penting dan menjadi poin utama untuk mencegah kesalahan pemilihan antara source dan destination yang dapat berakibat hilangnya data-data pada source.

5.Masukin CD hiren yang udah kamu buat tadi.
6.Pilih “Start BootCD"
7.Pilih “Disk Clone Tools ..."
8.Pilih “Norton Ghost”
9.Pilih "Ghost (Normal)" (Disini terdapat banyak pilihan dalam penggunaan NG namun gw akan ngembahas cara pake NG normal)
10.Tunggu beberapa saat sampai layar symantec dengan latar belakang biru bermotif muncul tidak perlu memilih apapun biarkan saja, sistem akan berjalan otomatis, kecuali kamu pengen ngubah settingan2
11.Pada layar awal akan muncul "About Symantec Ghost" pilih OK anda dapat menggunakan mouse pada aplikasi NG
12.Trus pilih clone…pilih Disk to Disk (bwt ngeClone hardisk), Partition to Partition (bwt ngeClone partisi ex: C, D….), klo keperluan gw khan buat ngeClone hardisk, so gw pilih Disk to Disk.
13.Pilih hardisk Sourse (sumber)
14.Tentukan hardisk destination (tujuan)
15.Pilih Yes terus!!!!
16.Tar klo dah selese ada pilihan continue ama Reset….
17.Terserah kamu…tapi klo mo udahan ya pilih Reset… aja, tar komputer bakal ngeRestart ndiri
18.Klo dah selese, masuk ke boot set en ganti first booting pake hardisk
19.Selese dwech, tinggal nyoba hardisk hasil clone tadi….

Sebenere tanpa tutorial ni, gw yakin temen2 bisa kuk, tapi yo moga2 ni tutorial bermanfaat bwt tmen2 smuWa….maap klo tutorialna gag jelas, maklum gw juga masih awam klo masalah kaya ginian, (moHon dikoreksi jika ad kesalahan…matur nuWun)

1 comments:

Septian Cahya Gumilar 15 September 2009 at 10:33  

thank's y kk bwt pelajarannya.
tambah lgi y dok yg laen biar q bsa belajar lgi.

Labels

Teriakanmu!


Free chat widget @ ShoutMix

  © Blogger template 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP